Selamat Datang di Info Mas Hendra, jangan lupa beri komentar dan like di Facebook . Terima Kasih

Jumat, 21 September 2012

Andai Aku Punya Fortuner VNTurbo

Di Era yang serba modern sekarang ini memiliki sebuah kendaraan yang bisa membawa kita kemana saja tanpa kehujanan dan kepanasan adalah impian setiap orang.Ini juga menjadi impian saya yang sangat muluk ya terlalu berlebihan karena memiliki mobil yang mewah seperti Mobil Fortuner VNT hanya mimpi buat saya.

Nuansa yang ‘fresh’ nampak terlihat dari tampilan depan Grand New Fortuner VNTurbo yang telah memiliki desain baru di beberapa titik eksteriornya. Salah satunya adalah model bonet dan juga headlamp yang tampil dengan desain yang jauh lebih elegan dan terlihat dinamis berpadu dengan fog lamp yang berada tepat di bawah lampu utama. Belum lagi dengan model grill barunya yang jelas tak hanya menambah tampilanya kian kokoh namun juga menjadikan Grand New Fortuner terlihat lebih gagah. Inilah yang membuat saya jatuh hati untuk memilih Grand New Fortuner VNTurbo. Berikut ini review mengenai mobil impian saya.

Mobil ini merupakan SUV sejati milik Toyota yang telah terjual hingga 9.000 unit semenjak peluncurannya dan kini mendapatkan penambahan spesifikasi dengan memberikan tenaga ekstra dari mesin diesel yang diberikan VN Turbo

Grand New Fortuner Diesel VNTurbo dengan Intercooler merupakan mesin baru yang menggunakan Variable Nozzle van Turbo (VNT) sehingga mampu memberikan tekanan udara yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah dan hasilnya torsi menjadi lebih besar di putaran mesin rendah.
Fortuner Diesel seri sebelumnya menggunakan mesin 2 KD-FTV IL 4Cyl 16 Valve DOHC D-4D dan sekarang diganti model 2 KD-FTV IL 4Cyl 16 Valve DOHC D-4D VN Turbo Intercooler. Pada mesin baru ini menghasilkan daya maksimum 144 ps/3,400 rpm, ini berarti mengalami peningkatan dari mesin yang lama dengan daya maksimum 102 ps/3,600 rpm. Begitu juga pada torsi maksimum mengalami peningkatan sebesar 35 kgm/1,600-2,800 rpm dari 26.5 kgm/1,600-2,400 rpm.

Grand New Fortuner Diesel ini memiliki 4 tipe :
Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T
Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T
Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T TRD
Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T TRD

Perubahan lainnya selain mesin, Grand New Fortuner Diesel VNTurbo mempunyai Hood Scoop pada bagian tengah kap mesin, fungsinya untuk menyalurkan udara dingin ke Intercooler. Teknologi VN (Variable Nozzle) berfungsi untuk mengontrol dalam mengoptimalkan kinerja mesin turbo dalam menghasilkan output yang disalurkan ke seluruh mesin.
Indonesia merupakan negara yang memiliki medan dan cuaca tropis yang ekstrim sehingga banyak pelanggan memilih jenis mobil yang berkesan tangguh, kuat, dan sporty. Jenis mobil tersebut yaitu Grand New Fortuner Diesel.

Dahsyatnya VNT pada Fortuner Diesel
Variable Nozzle Turbo yang dipakai Toyota Fortuner Diesel memang luarbiasa. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.
Dengan perangkat VNT tersebut, produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3600rpm jadi 144ps/3400rpm. Semntara torsi yang 26.5kgm/1600 - 2400 rpm  menjadi 35kgm/1600-2800rpm. Peningkatan signifikan itu semata-mata karena VNT karena mesin yang dipakai sama persis, yaitu empat silinder diesel berkapasitas 2.5 liter.
Untuk mengetahui aksi VNT mendorong mesin lebih produktif, ada baiknya menyegarkan ingatan tentang kerja turbocharger. Tujuan pemasangan Turbo adalah memperkaya jumlah oksigen yang masuk rang bakar agar pembakaran sempurna. Tambahan oksigen ini disedot dari luar. Turbocharger terdiri dari kompressor yang bertugas menyedot dan mendorong udara ke ruang bakar. Kompressor mempunyai poros yang sama dengan turbin. Jika turbin berputar, kompresor berputar pula menyedot udara luar, nah turbin ini digerakkan gas buang dari mesin.
Pada Turbo biasa, agar kompressor bisa efektif, dibutuhkan putaranturbin yang kencang. Hal itu hanya bisa dihasilkan jika tekanan gas buang cukup tinggi. Atau dengan kata lain Turbo baru efektif pada putaran mesin tinggi.
Bagaimana mendapatkan tekanan yang cukup pada putaran mesin rendah? Disinilah inovasi VNT.  Berneda dengan perangkat Turbo biasa, rumah turbin dilengkapi bilah/sudu-sudu. Sudu-sudu ini bisa diatur sudut bukaannya tergantung beban mesin, rpm, dan banyak variable lainnya. Penggerak sudu-sudu adalah motor listrik.
Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah dan tidak efektif memutar turbin, maka sudu-sudu ditutup sehingga gas buang mengalir di area sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya. Hasilnya bisa memutar turbin secara efektif yang membuat kompressor bisa bekerja sejak putaran rendah.
Semakin tinggi putaran mesin, sudut bukaan sudu-sudu makin besar untuk menghindari tekanana berlebihan yang bisa merusak perangkat turbo.
Karena turbo berhubungan dengan aliran  gas buang yang panas, maka suhu udara yang terhisap ikut meningkat. Padahal jika suhu udara panas membuat molekul oksigen renggang dan menipis. Karena itu pada Toyota Fortuner Diesel ini dilengkapi intercooler diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat.
Sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari air scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT.


Dari sisi eksterior, Grand New Fortuner VNTurbo With Intercooler berpenampilan lebih gagah dan sporty. “Kami berharap pengguna merasa makin berani dan percaya diri karena dunia seakan dalam genggamannya. Hal ini selaras dengan tagline kami yakni The World Is Mine,” tambahnya.

Bicara soal eksterior. Toyota Fortuner VN Turbo sebenarnya tidak memiliki perubahan yang signifikan. Tapi bisa kita lihat langsung melalui air scoop (lubang udara) yang berada di atas kap mesin mobil ini. Kap mesin dibuat berlubang untuk menangkap angin yang akan memberikan pasokan udara untuk intercooler turbo mobil ini. Dengan begitu kinerja turbo lebih ringan dan terhindar dari gejala “lag” yang biasa dialami mobil berturbo.
Di bagian belakang, anda bisa melihat adanya emblem VN Turbo pada bagian kanan bawah mobil untuk menandakan bahwa mobil ini merupakan varian yang baru dari seriToyota Fortuner. Sedangkan untuk interior nyaris tidak ada yang berubah.


Bukan hanya itu, tim Toyota Fortuner juga pernah mengukir prestasi membanggakan dalam event Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 lalu. Ekspedisi melintasi puluhan negara dengan jarak puluhan ribu km dari Jakarta menuju Roma, Italia itu menjadi etalase keunggulan produk dalam negeri. Penjelajahan ini menempuh jarak 27.000 Km dan menghabiskan waktu 126 hari sepanjang Agustus-Desember 2011. Fortuner telah membuktikan ketangguhannya di berbagai medan dan kondisi cuaca.
Menerjang gunung es Asia Tengah, menembus gurun di China, menerjang banjir bandang Thailand, sudah ditaklukan oleh empat unit Toyota Fortuner. Memang kwalitas Fortuner keluaran Toyota tidak perlu diragukan lagi.Berikut cuplikan Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 :

Spesifikasi Toyota Fortuner:
·         Nama: Grand new Toyota Fortuner VNTurbo 2.5 G AT Diesel
·         Kategori: SUV
·         Pabrikan: Toyota
·         Model: Fortuner
·         Potongan: Grand new Fortuner VN Turbo 2.5 G AT Diesel
·         Tahun: 2012
·         Volume Mesin: 2494 cc
·         Harga: 0 (off road)
·         Harga On Road: 397.000.000 (on road)
·         Slogan: The World Is Mine
·         Ringkasan: SUV keluarga tujuh penumpang dengan penggerak roda belakang (4x2) yang cukup efektif untuk penggunaan di luar kota, terutama pada kondisi jalan kurang baik atau semi-offroad.

Tersedia enam pilihan warna Toyota Fortuner VNTurbo:
·         Silky Gold Mica Metallic
·         Silver Metallic
·         Black Mica
·         Dark Grey Mica Metallic
·         Dark Steel Mica
·         Super White II

Apakah Anda mengakui kecanggihan dan ketangguhan Toyota Fortuner VNTurbo? Mobil Fortuner SUV terbaik ini saya rekomendasikan untuk Anda. Bila anda punya impian seperti saya jangan ragu untuk memilikinya.


2 komentar:

  1. saya juga berandaiandai...

    http://boomberita.blogspot.com/2012/09/suv-terbaik-toyota-fortuner-vnturbo.html

    BalasHapus
  2. review fortunernya bagus dan lengkap, sama masih dalam mimpi untuk bisa memiliki fortuner. mudah-mudahan di tahun 2013 sudah bisa beli. semoga menang kontesnya ya sobat.

    ditunggu kunjungan baliknya.

    BalasHapus